Rabu, 26 September 2018

SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

SOFTWARE

Software aplikasi  adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media. suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.

 Software dapat digolongkan menjadi dua:
1. Perangkat lunak sistem komputer, yaitu perangkat lunak yang berfungsi agar komputer dapat berjalan dengan baik, termasuk di dalamnya adalah perangkat lunak sistem operasi dan perangkat lunak utility.

2. Perangkat lunak aplikasi, yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk membantu aplikasi kehidupan sehari-hari pengguna komputer.
     
 Perangkat lunak Aplikasi sendiri, ada beberapa jenis:
·         Perangkat lunak pengolah angka
Adalah program yang difungsikan untuk mengolah angka, melakukan berbagai macam perhitungan matematika, statistik, dll. Contohnya : Lotus 123, Microsoft Excel, dan Quattro Pro.

·         Perangkat lunak pengolah kata
Adalah program yang difungsikan untuk mengolah kata, melakukan berbagai kegitatan tulis-menulis. Contohnya : M.Word, Notepad, Wordstar, Wordpad, dll.

·         Perangkat lunak pengolah grafis
Aplikasi ini membantumu dalam pengolahan gambar. Mulai dari melihat gambar, mengedit gambar, atau langsung menggambar dengan komputer. Contoh aplikasi pengolah grafis adalah Adobe Photoshop, Microsoft Paint, dan Corel Draw.

·         Perangkat lunak pengolah presentasi
Program aplikasi ini berguna untuk membantu orang saat presentasi. Dalam program ini disediakan berbagai macam bentuk tampilan untuk presentasi. Salah satu contoh aplikasi ini adalah Microsoft Power Point.

·         Pengolah Data
Aplikasi yang digunakan untuk mengolah data (database) dapat disusun, diorganisir, bahkan diolah untuk keperluan lebih lanjut. Program pengolah data sangat dibutuhkan dalam mengolah data yang banyak jumlahnya. Program-program tersebut diantaranyadBase, Visual Foxpro,
Microsoft Access, SPSS, dan sebagainya.

·         Aplikasi Internet
Merupakan program aplikasi yang digunakan untuk mengakses internet. Contoh aplikasi ini adalah Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla
Firefox, Opera, Nescape Navigator, Safari, dan berbagai macam lainnya.

·         Video Editing (Pengolah Video)
Sebuah program aplikasi yang digunakan untuk mengolah video. Contohnya Ulead Video Studio dan Pinneacle Studio.

·         Pengembang Program Komputer
Aplikasi ini digunakan oleh para pengembang (Developer) untuk membuat dan atau mengembangkan suatu program aplikasi tertentu . Contohnya Microsoft Visual Basic danBorland Delphi.

·         Pengembang Web
Aplikasi ini digunakan oleh para pengembang (Developer) untuk membuat dan atau mengembangkan suatu website / program aplikasi berbasis web . Contohnya Microsoft Frontpage dan Macromedia Dreamweaver.

Software aplikasi terdiri dari :
1.      Bahasa pemrograman (programming language)
2.      Program aplikasi (Application Program)
3.      Program paket / paket aplikasi (packet program)
4.      Program utilitas (utility program)
5.      Games dan entertainment dan lain-lain

Untuk mendukung operasi software aplikasi di atas tugas pengguna komputer dibagi menjadi:
a. analis system
b. programmer
c. operator
d. administrator database, yaitu orang yang bertugas melakukan definisi dan manipulasi software database. Ini dibutuhkan jika software yang dioperasikan akan menggunakan aplikasi database.
e. administrator jaringan, yaitu orang yang bertugas mengelola software system operasi, software aplikasi yang digunakan dalam sebuah jaringan komputer

LINK MATERI
sistem operasi
>>>betabloggerku.blogspot.com
Hardware
>>>ilmucepat-kita@blogspot.com
Konsep dasar komputer
>>>saidlaode.blogspot.com

Instragam@faiq18_

UNIVERSITAS NAROTAMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGHITUNG ORDO MATRIKS DENGAN METODE GAUS DENGAN PEMOGRAMAN PYTHON

MENGHITUNG ORDO MATRIKS DENGAN METODE GAUS DENGAN PEMOGRAMAN PYTHON  Metode Gaus Dengan Python Metode eliminasi gauss termasuk dala...